4 Poin Jualan Online yang Tidak Boleh Anda Lupa

Jualan Online

Agar Sukses Jualan Online

Jualan online bisa dilakukan oleh siapa saja. Mulai dari mahasiswa, ibu rumah tangga, bahkan pegawai kantoran yang ingin mencari penghasilan tambahan. Akan tetapi, belum semua orang tahu cara terbaik berjualan secara online. Beberapa penjual online didapati masih melakukan kesalahan. Salah satunya dengan menganggap internet sebagai media jualan seperti halnya kolom iklan berbaris di media cetak.

Membuat lapak seperti kolom iklan berbaris memang sah-sah saja. Hanya saja rasanya bakal ada yang kurang lantaran calon pembeli merasa hal tersebut tidak menarik. Para calon pembeli malah akan merasa bahwa pihak penjual tidak bersungguh-sungguh membuka lapak jualan. Lantas bila demikian apa yang harus dilakukan? Seperlu meyakinkan calon pembeli Anda mesti dapat tampil profesional. Dalam hal ini sekiranya ada 4 poin penting yang tidak boleh Anda lupa bila ingin sukses berjualan secara online. Berikut keempat poin tersebut:

  1. Menyajikan Foto Produk yang Menarik

Poin pertama pastikan Anda menyajikan foto produk yang menarik. Tidak seperti berjualan secara offline atau konvensional, dalam jualan online calon pembeli tidak bisa melihat produk secara langsung. Karena itu foto menjadi perwakilan agar calon pembeli bisa mengetahui bentuk atau wujud produk yang ingin dibeli. Bila dari foto produk Anda terlihat menarik tentu pembeli akan tertarik. Namun foto yang menarik saja tidak cukup. Foto sebaiknya juga jelas dan tidak pecah bila di-zoom atau diperbesar. Oleh karena itu, kerahkan usaha ekstra Anda seperlu mengambil foto produk. Bila perlu foto produk Anda dalam beberapa kondisi misal foto dari sisi depan, samping, dan belakang. Foto yang bagus sekiranya bakal meningkatkan keyakinan calon pembeli untuk terjadi transaksi.

  1. Deskripsi Penjelas dan Persuasif

Foto produk belum cukup untuk memberi penjelasan kepada pembeli. Agar tidak perlu menjelaskan berulang kali kepada pembeli yang berbeda sebaiknya tuliskan deskripsi produk. Tuliskan di bawah atau di samping foto produk. Misalnya seputar spesifikasi produk, kelebihan, dan kekurangan produk bila ada. Sebaiknya Anda bisa menuliskan deskripsi secara persuasif sehingga pembeli tertarik untuk membeli produk yang ditawarkan.

  1. Pasang Harga yang Tidak Hanya Murah

Memang benar adanya barang yang dijual murah cenderung lebih cepat laku. Namun, dalam dunia jualan online harga murah bisa menjadi ketidakwajaran. Beberapa oknum tidak bertanggung jawab didapati memasang harga yang terlalu murah hanya karena ingin menarik calon pembeli. Setelah pembeli transfer uang ternyata produk yang dipesan tidak kunjung datang atau malah tidak sesuai pesanan. Oleh karena itu, jangan mematok asal harga murah yang mana malah membuat pembeli ragu dengan Anda. Tawarkan penawaran Anda dalam bentuk lain. Dalam hal ini Anda bisa berinovasi misal dengan memberi gratis ongkos kirim, pelayanan lebih, atau lain sebagainya.

  1. Secara Periodik Melakukan Pemantauan

Banyaknya pebisnis yang membuka lapak online diakui turut meningkatkan persaingan. Karena itu, usahakan untuk memberi produk dan pelayanan terbaik agar Anda bisa bersaing sehat. Belanja online menjadi pilihan masyarakat karena digadang-gadang praktis dan cepat. Oleh karenanya pastikan Anda selaku pebinis bisa memberi pelayanan cepat. Jadi hindari menulis admin jarang online atau hanya menerima sms dan panggilan telepon saja. Namun, berikan kemudahan bagi calon pembeli dengan melakukan pemantauan lapak secara periodik.

Itulah beberapa poin penting yang sebaiknya terus diingat bila Anda ingin sukses berjualan online. Dengan mengedepankan keempat poin di atas sudah pasti calon pembeli akan respect dan percaya dengan bisnis online Anda. Sehingga calon pembeli pun tidak ragu untuk bertransaksi terlebih bila Anda memberi jaminan uang kembali pada lapak jualan online.

Be the first to comment

Leave a comment

Your email address will not be published.


*