Berbisnis Lewat Facebook Ads

facebook ads

Di dunia maya, tentunya mendapatkan target pasar memiliki keuntungan sendiri, karena dapat dipantau dalam berbagai aktivitas. Dan mengenal bisnis lewat internet, ternyata memiliki dua cara untuk mendapatkan audience. Satu, dengan cara gratis dan lainnya dengan melakukan iklan berbayar. Ini ialah dua hal yang berbeda meskipun sama-sama memanfaatkan situs dengan pengguna tak sedikit, bahkan terhitung banyak di dunia.

Cara gratis yang pertama yakni dengan mengandalkan Google agar beberapa pengguna mampir dan tahu apa saja produk yang kita tawarkan. Lalu cara kedua yakni berbayar. Cara ini mengandalkan para pengguna media sosial atau platform khusus agar penjelajah internet mampir ke situs kita dan tahu apa-apa saja yang kita tawarkan di sana.

Facebook Ads cukup sering menyita perhatian bagi mereka yang berbisnis online dikarenakan kemampuan dari layanan ini yang mencari target calon konsumen kita hingga mendetail atau spesifik. Tergolong sangat efektif bila kita dapat menggunakan fitur yang disediakan oleh facebook ini dengan baik. Dan jika dibandingkan dengan platform lainnya, ternyata pengeluaran untuk memasang iklan pada Facebook Ads terhitung lebih murah.

Bagaimana Cara Membuatnya?

  • Langkah awal: Create an Ad

Begitu kita masuk ke laman facebook kita, pada bagian atas kanan layar browser, kita akan menemukan kotak warna hijau dengan tulisan ‘Create An Ad’ atau ‘Buat Iklan’. Klik kotak tersebut, kemudian kita sudah siap membuat iklan facebook pertama kita. Namun bilamana tidak menemukan kotak berwarna hijau tadi, silakan arahkan kursor ke icon setting dan anda akan menemukan tulisan ‘Create An Ad’ atau ‘Buat Iklan’. Klik.

  • Langkah selanjutnya: pilihlah apa yang ingin dipasarkan dan iklankan

Untuk hal yang satu ini, kita diberikan banyak pilihan. Kita dapat mempromosikan URL entah untuk halaman yang ada di dalam maupun luar facebook (apapun), seperti facebook pages, application, event, place, atau URL dari luar seperti situs pribadi atau affiliasi. Dengan adanya pilihan tersebut, kita dapat mengantarkan para pengguna facebook ke luar platform facebook. Atau dapat juga dengan memakai opsi untuk mempromosikan fanpage yang kita punya agar mendapatkan banyak ‘like’.

  • Set Up Iklan Milik Kita

Dengan menentukan headline, text, serta image. Headline dan juga image berguna agar pengguna facebook nantinya tertarik untuk mengunjungi atau melakukan klik ke iklan facebook yang kita pasang.

  • Tentukan Target Pasar

Nantinya kita akan disuguhkan pada kotak-kotak yang harus kita isi untuk siapa dan ke mana iklan kita dimunculkan, seperti letak geografis, umur dan jenis kelamin, kategori serta precise interest, dan terakhir yakni koneksi.

  • Menentukan Tujuan Serta Harga Iklan Facebook Kita

Untuk tahap ini, kita akan diminta memberikan nama untuk iklan yang nantinya kita pasang. Lalu kita juga akan diminta merancang jadwal kapan iklan itu akan tayang di laman facebook. Pada bagian harga, nantinya kita cukup menuliskan budget untuk iklan yang kita keluarkan setiap harinya. Ada dua jenis untuk harga atau pembayaran ini, yakni cost per miles (di mana kita akan dikenakan harga untuk 1000 kali tampilan iklan kita, baik ada yang men-‘klik’ ataupun tidak) dan cost per click (kita akan dikenakan biaya hanya setiap kali iklan yang kita pasang  di-‘klik’ oleh calon pelanggan).

Keuntungan Facebook Ads

Media sosial termasuk facebook masih diminati oleh pengguna dari segala usia hingga saat ini dan dapat diakses melalui media ponsel (tidak perlu menyalakan laptop atau komputer). Karenanya, iklan facebook terhitung efektif dan dapat dipantau secara optimal, sehingga memungkinkan adanya peluang bagi kita untuk memasarkan produk kita tanpa perlu memusingkan jarak dan waktu.

Be the first to comment

Leave a comment

Your email address will not be published.


*