About Us

Google adalah suatu mesin pencari yang sangat menguntungkan bagi pencari informasi dan juga menguntungkan bagi para penyuka promosi murah. Iklan Google, atau iklan melalui mesin search engine sejenisnya boleh dibilang sangat murah dibandingkan iklan di media lainnya. Murah karena:

  1. Kita bisa menetapkan biaya yang kita sanggup.
  2. Kita bisa menetapkan daerah mana yang akan kita target.
  3. Kita bisa menetapkan target pemasaran berdasarkan jam, usia jenis kelamin.
  4. Kita bisa menghentikan sementara iklan kita lalu memindahkannya ke daerah lain yang kita suka.
  5. Ibaratnya adalah bahwa kita bisa menjadi seorang raja yang menyuruh bawahannya untuk memasarkan produk kemanapun yg kita inginkan.
  6. Kita tidak perlu repot-repot keluar rumah untuk promosi.
  7. Dll.

Perlu diketahui bahwa Google (dan beberapa mesin pencari lainnya seperti facebook, yahoo, bing dll) telah memberikan alat-alat yang mudah dan ringan untuk riset kita. Ada alat untuk meriset kata kunci, Negara, kota, frase, tren dll. Hal itu memang dibuat untuk memudahkan pekerjaan para pengiklan yang ingin menjual produknya secara online. Itulah daya tariknya.

Kuncinya di sini adalah kekreatifan. Semakin kita kreatif dalam menggunakan alat-alat itu, maka akan semakin mudah bagi kita mendapatkan keuntungan yang tertarget.

Orang yang beriklan di google akan mendapatkan juga suatu keuntungan yang sangat instan. Apakah itu?

Yakni, website produk dia akan ditampilkan di halaman depan, yaitu di sebelah atas dan di sebelah kanan berupa kolom yang agak mungil. Tiap kolom merupakan deskripsi singkat dari masing-masing pengiklan.

Di dalam deskripsi singkat itulah para pengiklan menggunakan seefektif mungkin kata-kata agar mudah menarik di benak pengunjung yang ingin mencari barang yang dikehendakinya.

Terdiri dari 4 baris yaitu

  1. Baris pertama merupakan rangkaian kata kunci singkat maksimal harus 25 karakter.
  2. Baris kedua adalah deskripsi awal yang terdiri maksimal 35 karakter.
  3. Baris ketiga juga sambungan deskripsi maksimal 35 karakter.
  4. Baris keempat adalah alamat website atau URL yang merupakan domain pemilik iklan. Misalnya www.pemilikiklan.com.

Pada pokoknya di semua mesin pencari yang menyediakan sarana periklanan bagi para pengiklan, mereka mengharuskan orang yang pasang iklan membuat kata kunci, deskripsi dan nama domain yang singkat. Tujuannya jelas, yakni membantu konsumen mencari apa yang diinginkan.

Nah, bagaimana menurut Anda? Memiliki pendapat yang berbeda?

Keuntungan & Kerugian Iklan Online

klan online mengharuskan kita cermat dalam memilih suatu produk, harga, mencari celah anggaran per hari dan melihat kekurangan pesaing yang bisa kita manfaatkan. Tidak semua produk online bagus, pun juga tidak semua iklan online juga bagus.

Nah, berarti… ada keuntungan dan kerugian di iklan online.

  1. Iklan online yang dikenai biaya atau CPC (cost per click), membuat Anda untuk hati-hati dalam memilih kata kunci dan pesaing. Tetaplah dengan berkonsentrasi untuk mencari perpaduan yang baik, yaitu memberikan yang terbaik untuk konsumen, berbeda dengan pesaing, memberikan yang terbaik juga untuk mesin pencari. Bila Anda tidak cermat memilahnya maka bisa jadi Anda mendapatkan harga per klik yang sangat mahal dari mesin pencari.
  2. Boleh dibilang bahwa kerugian iklan online adalah bila Anda tidak mengetahui kelebihan dari mesin pencari. Mesin pencari semacam Google, Yahoo, Binga, Facebook, Miva, 7search dll, pada dasarnya sangat menyukai dan mengharapkan adanya orang-orang yang memasang iklan di mesin pencari mereka. Yang disyaratkan oleh mereka hanyalah supaya kita memberikan suatu informasi yang benar dan spesifik mengenai suatu produk, sehingga, pencari informasi lainnya juga diuntungkan.

Iklan online telah mengubah pandangan sebagian besar orang sejak lama. Kemudahannya membuat orang semakin mudah dalam berkreasi terhadap produknya dan mudah menginventarisasi kekurangan-kekurangan sejak dini. Kini tidak harus kita berpatokan pada upaya pemesanan banner, pemasangan banner, penyebaran brosur secara offline yang tentunya amat melelahkan.

Berbasis Keyword / kata kunci.

Inilah suatu keunikan dari pengiklanan online. Sesuatu yang unik yang bisa memberikan keuntungan berlipat, dan bisa juga seperti jebakan.

Perlu diperhatikan di sini, bahwa pemakaian kata-kata dalam pengiklanan adalah suatu yang penting. Terlebih lagi iklan online. Tak bisa lepas dari pemakaian kata-kata juga. Misalnya:

Produk adalah “jasa cuci pakaian”. Ketika Anda memiliki produk jasa cuci pakaian dan ingin mengiklankannya di internet, maka anda perlu mensurvey kata atau frase apa saja yang KIRA-KIRA DIGUNAKAN OLEH PENGUNJUNG UNTUK MENCARI KATA YANG BERKAITAN DENGAN PRODUK ANDA.

Bisa jadi seorang pengunjung mengetikkan >> ‘cuci baju’,’ cuci setrika’,’ cuci baju cepat’,’ cuci baju dan pengantaran’,’ mencari agen cuci baju’, ‘cuci baju mahal’, ‘jasa cuci baju pengantin’ dst dst dst. Mengapa ini saya anggap amat penting? Sebab tiap kata kunci tersebut atau frase kata tersebut menghasilkan pencarian yang berbeda. Untuk setiap kata kunci mewakili pasar yang berbeda. Di sinilah peran kekreatifan Anda untuk menarget konsumen lebih jitu lagi. Anda paham ‘kan ?

Nah..bagaimana menurut pendapat Anda?

Dapat Penghasilan dari Iklan

Mungkin sebagian besar dari anda berpikiran seperti sebuah pepatah ‘sebarkan sebanyak mungkin, salah satunya pasti akan membuahkan hasil’. Atau seperti ini…’Jangan taruh semua telurmu dalam satu keranjang’. Iya kan?

Bagi anda yang sangat antusias untuk menerbitkan iklan produk anda, ada suatu hal penting yang jangan anda lupakan. Bahwa : Pepatah di atas tidaklah semuanya tepat, namun begitu, juga tidak menjadi tidak tepat. Ketepatan dan ketidaktepatannya adalah bagaimana Anda akan mengimplementasikannya dalam praktik pasang iklan anda.

Ada begitu banyak penawaran model iklan di internet yang harus anda tahu. Ada iklan google, iklan facebook, iklan baris, iklan mini dan iklan lainnya…itu semua telah dianggap sebagai suatu rule atau aturan baku model periklanan. Hanya saja, bagi beberapa orang, mengetahui perbedaannya ternyata sangat menguntungkan dan mengetahui bagaimana meletakkan target iklan yang tepat. Sayangnya…sebagian besar orang malah melalaikannya.

Nah, yang ingin saya katakan di sini adalah bahwa meletakkan telur (dalam hal ini iklan anda) pada penyebaran ke banyak link tidak sepenuhnya tepat! Mengapa? Coba cek satu-satu penjelasan di sini:

  1. Produk Anda dianggap sebagai spam (pengganggu). Setidaknya seseorang yang sering melihat iklan Anda muncul berkali-kali akan merasa bosan.
  2. Produk Anda dianggap sebagai produk yang murahan. Karena pengunjung menilai bahwa sesuatu yang gratis, pastilah tidak berkualitas..
  3. Anda tidak mendapatkan penilaian yang tepat dan pas akan kualitas iklan Anda di mata Search Engine.
  4. Model iklan yang menyebarkan ke banyak link itu hanyalah menguntungkan si pemilik website periklanan…tidak menguntungkan bagi pemilik produk yang memasang iklan. Mengapa, sebab traffic kunjungan hanya mengangkat citra pemilik web periklanan.
  5. Produk Anda sulit terlihat..karena begitu banyaknya produk yang ingin masuk ke program gratisan seperti itu.

Nah…mungkin masih ada beberapa hal lagi yang bisa ditambahkan atau Anda sudah memilikinya karena terkendala oleh beberapa hal lainnya.

Saran saya adalah..cobalah membuka cakrawala Anda dalam beriklan di internet. Cobalah untuk…mengiklankan sendiri di Google, Yahoo, 7search, Bing, Facebook..dan rasakan antusiasnya dan perbedaannya dibandingkan melalui iklan2 gratis.

Atau bila Anda masih ragu2 dan takut ditolak oleh Search Engine, sebagai langkah awal (dan percobaan) Anda dapat menggunakan jasa pasang iklan Google, Yahoo, Bing atau lainnya melalui jasa2 pasang iklan yang ada.

Nah, bagaimana pendapat Anda?